Kualitas sebuah kaos akan bergantung pada kain yang digunakan. Salah memilih bahan utamanya, maka kaos yang dihasilkan tidak berkualitas, seperti panas, bau, mudah luntur, hingga cepat rusak. Ada beragam jenis bahan kaos yang bagus dan biasanya digunakan untuk bisnis distro. 

Beberapa jenis bahan kain yang umum digunakan adalah katun, cardet, polyester, dan lainnya. Apa kelebihan dan kekurangan bahan kaos tersebut? Simak selengkapnya di artikel ini.

Jenis-jenis Bahan Kaos yang Bagus

1. Bahan katun combed

Cotton combed jakartakonveksi.com
Contoh bahan cotton combed

Bahan kaos distro yang paling sering digunakan adalah katun combed ini. Bahan katun combed ini terbuat dari 100% serat kapas murni dengan karakter halus, adem, lembut, nyaman digunakan, dan menyerap keringat. 

Bahan katun combed ini ada 3 varian, yaitu combed 20s, 24s, dan 30s. Bedanya ketiga varian ini hanya tingkat ketebalan kainnya. Varian 20s adalah bahan yang paling tebal, dan 30s paling tipis. 

Biasanya yang jadi favorite dan banyak digunakan untuk bahan kaos distro adalah katun combed 20s ini karena sangat nyaman digunakan. Kain katun juga jadi pilihan untuk membuat kaos seragam kantor karena material ini nyaman saat dipakai.

2. Bahan cotton bamboo

bahan cotton bamboo jakartakonveksi.com
Bahan cotton bamboo teksturnya lebih lembut

Selain cotton combed, ada pula jenis bahan cotton bamboo. Kain yang satu ini juga sering digunakan sebagai bahan kaos distro. Hal ini karena bahan cotton bamboo ini sangat baik dengan kualitas premium. 

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Bahan Terbaik Untuk Poloshirt

Dinamakan cotton bamboo karena terbuat dari campuran serat katun dan serat bambu. Karakteristik bahn ini sangat lembut, ringan di kulit, halus, adem saat digunakan, dan anti bakteri. Cocok sekali digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif. 

Wajar jika dari segi harga, bahan katun bambu ini cenderung lebih mahal dibanding bahan katun combed. Namun, jika membuat kaos dengan bahan katun bambu di Konveksi Jakarta 89 Blue Garment, tentu Anda akan mendapatkan harga spesial dan bersaing. 

3. Bahan carded

bahan carded jakartakonveksi.com
Contoh bahan carded

Bahan katun carded ini memiliki karakteristik permukaannya tidak merata dan lebih tidak halus jika dibandingkan dengan katun combed. Bahan carded ini terbuat dari serat kapas yang dicampur dengan sedikit polyester. Itulah kenapa bahan ini sedikit kasar.

Harga bahan carded ini juga lebih murah dari katun combed. Kain carded ini masih banyak digunakan untuk membuat kaos distro karena harga jualnya akan lebih terjangkau. Bahannya pun masih tetap dingin dan menyerap keringat. Biasanya material seperti ini digunakan untuk membuat kaos momunitas hingga kaos suporter bola. 

4. Bahan kaos PE

bahan PE jakartakonveksi.com
Bahan PE terbuat dari polyester

Bahan PE terbuat dari material polyester atau serat sintetis yang mudah ditemukan. Karakteristik bahan PE ini sedikit kasar, tipis, dan sulit menyerap keringat.

Hanya saja, bahan PE ini tidak mudah kusut dan tidak sulit dalam perawatannya. Harganya pun sangat murah. Cocok untuk pembuatan kaos dengan budget yang terbatas. 

Biasanya material PE atau polyester ini digunakan untuk membuat kaos promosi, kaos pemilu, kaos partai, dan sebagainya.

5. Bahan hyget

bahan hyget jakartakonveksi.com
Bahan hyget

Ada pula kain hyget yang juga umum digunakan untuk membuat kaos. Bahan hyget ini terbuat dari camuran cotton dan polyester. Bahannya tidak terlalu tebal, bahannya agak panas, permukaan kain mengkilap, serta tidak mudah kusut. 

Bahan hyget ini pun lebih lebih murah jika dibanding katun combed, carded, atau katun bambu. Penggunaan kaos dengan bahan hyget ini sebaiknya tidak digunakan saat cuaca terik. 

6. Bahan viscose

Bahan kaos yang satu ini terbuat dari serat sintesa celuosa organik. Bahan ini lebih lembut dibandung kapas dan warna lebih cemerlang. Wajar jika kain ini harganya lebih mahal dibanding  jenis bahan kain lainnya.

Itulah beberapa jenis kain untuk kaos yang umumnya banyak digunakan. Beberapa kain tersebut jadi favorit untuk bahan kaos distro karena kenyamanannya.

Untuk berkonsultasi lebih lanjut terkait jenis kain untuk pembuatan kaos yang Anda inginkan, bisa menghubungi 89 Blue Garment via WhatsApp dan lihat portofolio produk yang pernah dikerjakan di akun IG @89bluegarment ya. 

One thought on “6 Jenis Bahan Kaos yang Bagus untuk Bisnis Distro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *