Kamu sedang bergelut dengan dunia usaha koveksi baju dan ingin mengetahui lebih dalam tentang jenis-jenis kain? Jika iya, kamu wajib banget nih untuk tahu lebih detail tentang salah satu jenis kain yang biasa digunakan di dunia konveksi baju, yaitu kain oxford.

Kain ini biasanya digunakan untuk membuat kemeja, secara khusus untuk kemeja sekolah maupun seragam resmi lainnya. Nah, apa saja sih hal-hal yang wajib diketahui tentang jenis kain yang satu ini.

Secara tidak langsung mungkin sehari-hari kamu sering menggunakan jenis kain ini namun tidak menyadarinya. Sebagian orang bahkan menganggap kain jenis oxford ini adalah kain katun. Padahal jika diamati dengan lebih cermat dan detail kedua jenis kain ini sangat berbeda lho! Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini yuk!

Apa Perbedaan Kain Oxford dengan Kain Lainnya?

Kain oxford merupakan jenis kain yang merupakan perpaduan antara dua jenis bahan kain lainnya, yaitu bahan katun dan teteron. Tak heran jika mayoritas orang awam akan menganggap oxford dan katun merupakan jenis kain yang sama karena bahan yang digunakan untuk membuat oxfor memang lebih banyak kandungan katunnya jika dibandingkan dengan teteron.

Oxford juga termasuk ke dalam salah satu jenis dari kain drill jika dilihat dari bagaimana caranya dibuat. Benang yang digunakan untuk membuat kain jenis oxford ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis drill lain sehingga sangat nyaman dan adem di kulit saat digunakan.

Inilah salah satu alasan mengapa kain jenis oxford ini menjadi pilihan utama untuk pembuatan seragam maupun pdh. Meskipun kainnya terlihat tebal, namun tidak akan gerah. Nah, kain ini juga memiliki karakteristiknya tersendiri jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya seperti berikut.

  1. Terlihat tebal, namun sebenarnya tipis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika jenis kain ini menggunakan benang dengan ukuran kecil sehingga memiliki bobot yang ringan dan tipis. Meskipun begitu, jika dilihat secara sepintas kain  ini tampak tebal lho! Inilah yang menjadikan oxford menjadi kain unggulan.

  1. Lentur dan Tidak Mudah Sobek

Karakteristik lain dari oxfor adalah bahannya yang lentur sehingga tidak akan mudah sobek saat digunakan. Ini juga memudahkan kamu dalam memilih kain, jika kain yang kamu pegang tidak lentur, maka sudah bisa dipastikan itu bukan jenis oxford ya.

  1. Bertekstur Lembut Menyerupai Titik-titik

Jika diamati secara detail, oxford merupakan jenis kain dengan tekstur titik-titik yang berbeda dengan kain drill lain yang umumnya memiliki tekstur diagonal. Tekstur ini membuat oxford terasa lembut di kulit. 

Setelah mengetahui karakteristik dari kain jenis oxford, hal selanjutnya yang wajib kamu ketahui sebelum memilih adalah tentang kelebihan dan kekurangannya.

Dengan begitu kamu akan lebih tepat dalam memilih dan dijamin tidak akan menyesal. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya!

  • Tekstur bahan yang halus dan lembut.
  • Sangat cocok untuk wilayah dengan musim tropis karena akan dingin dan tidak gerah saat digunakan.
  • Tidak nerawang sehingga tidak membutuhkan lapisan kain lainnya.
  • Memiliki pilihan warna yang beragam sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam model baik pakaian formal maupun non formal.
  • Mudah ditemukan dimanapun dengan harga yang terjangkau.

Selain memiliki kelebihan, kain ini juga memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Agar tidak menyesal berikut ini kekurangan dari kain jenis oxford.

  • Beberapa produsen akan memiliki kualitas produksi yang berbeda, ada yang berkualitas bagus dan kurang bagus. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan yang lebih dalam tentang jenis kain yang satu ini agar bisa mendapatkan kualitas terbaik.
  • Karena teksturnya yang halus dan lembut, kain ini tergolong jenis kain yang mudah kusut sehingga diperlukan beberapa trik dalam penggunaan dan perawatannya.
  • Mudah berganti tekstur jika perawatannya salah, jangan menggunakan detergen secara berlebihan agar kain tetap terjaga kualitasnya dan tidak berubah menjadi kaku sehingga mudah robek.

Meskipun ada kekurangannya, namun jika dibandingkan kelebihannya kain jenis oxford ini tetap unggul dan menjadi kain yang sangat disarankan untuk dipilih. Demikian beberapa informasi penting seputar kain oxford yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan membantu!

Yuk, temukan informasi menarik lainnya seputar jenis kain di jakartakonveksi.com.

Buat Anda yang ingin membuat baju kaos sablon, seragam kantor, kemeja kerja, jaket, almamater, dan lainnya, bisa menghubungi tim 89 Blue Garment. Konveksi Jakarta ini sudah profesional memproduksi jenis pakaian ini.

Kualitas dijamin premium dengan harga terjangkau. Yuk, langsung hubungi tim kami untuk diskusi lebih lanjut via WhatsApp. Follow juga akun instagram @89bluegarment untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga: Mengenal Kain Blacu, Bahan Favorit untuk Pembuatan Kerajinan Tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.