Siapa di sini yang punya banyak sekali baju sablon event atau kaos panitia? Kaos panitia atau event biasanya nyaman dipakai, hanya saja mungkin Anda merasa bosan dengan sablonnya. Nah, ada lho cara menghilangkan sablon agar kaos jadi seperti baru lagi. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini selengkapnya.

Cara Menghilangkan Sablon Agar Kaos seperti Baru Kembali

Menghilangkan sablon di kaos memang tak semudah itu. Anda tidak akan bisa langsung mencopot sablon seperti mencopot stiker. Perlu beberapa trik agar sablon di kaos bisa hilang. Coba tips berikut ini.

1. Menggunakan minyak tanah, bensin, atau minyak kayu putih

Bahan-bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan sablon baju yang menggunakan teknik sablon foil. Sablon ini memiliki ciri khas seperti warna mengkilap, ada tambahan kertas logam yang direkatkan dengan lem khusus. 

Caranya, pertama-tama Anda perlu tahu di mana letak sablon di kaos. Kemudian balik kaos, bagian dalam baju ke luar dan bagian sablon berada di bagian dalam. 

Baca juga: 9 Jenis Sablon untuk Kaos, Yuk Kenali Karakteristiknya!

Jangan lupa meletakkan kain kering di bagian dalam baju agar bensinnya tidak merembes ke bagian lain. Lalu, oleskan bensin di bagian belakang sablon. Diamkan beberapa saat hingga bensin kering.

Gunakan pisau untuk mengelupaskan sablon dari kaos. Ulangi berkali-kali 3-5 kali hingga sablon sepenuhnya terkelupas. 

Setelah itu, cucilah kaos hingga bersih menggunakan pewangi, segingga bau bensin bisa hilang. Jadi deh, baju kaos Anda sudah seperti baru dan siap digunakan.

2. Menggunakan cairan pembersih sablon M3

Sablon dengan teknik rubber, pigmen, plastisol, flocking, dan glitter bisa dihilangkan dengan menggunakan pembersih sablon M3. Cairan M3 bisa dibeli di toko sablon. 

Cara menggunakannya mudah saja, yaitu dengan membasahi kain kering menggunakan sablon M3, lalu letakkan di bagian belakang kain yang disablon. Tunggu hingga kering dan meresap. 

Ini akan membuat gambar sablon mengkerut sehingga mudah dikikis menggunakan sikat gigi atau dikelupaskan menggunakan pisau cutter. Cuci baju hingga bersih jika sablonnya sudah mengelupas.

3. Menggunakan setrika

Cara menghilangkan sbalon pada kaos juga bisa menggunakan setrika. Nah, jika Anda ingin merawat agar sablon awet, maka hati-hati saat menyetrika kainnya. Jika ingin membuang sablon, bisa dilakukan dengan setrika yang panas.

Anda perlu menyiapkan kain kering, letakkan di antara setrika dan gambar sablon yang akan dibuang. Ini untuk melindungi bagian setrika agar tidak lengket. Tempelkan setrika yang sudha panas beberapa detik di atas kain kering. 

Agar proses membuang sablon lebih mudah, oleskan alkohol pada sablon yang masih panas. Ini untuk membantu agar sablon tidak terlalu lengket. Gunakan juga pisau untuk menghilangkan bagian sbalonnya. 

Ulangi beberapa kali hingga bekas sablon terkelupas sempurna. Kemudian cuci baju hingga bersih agar sisa alkohol dan sablonnya hilang.

4. Menggunakan pemutih baju

Salah satu cara menghilangkan sablon yang efektif adalah dengan pemutih baju. Ini bisa digunakan pada baju yang berwarna putih. 

Caranya mudah sekali. Pertama, rendam baju berwarna putih bersablon dalam larutan air yang dicampur deterjen yang dicampur pemutih. Setelah beberapa saat, kucek baju di bagian sablonnya. 

Gunakan cutter atau gunting untuk menghilangkan sablonnya. Anda bisa mengoleskan pemutih dan kucek bagian sablon kembali jika masih belum berhasil. Ulangi hingga sablon benar-benar hilang.

5. Menggunakan aseton

Jika baju kaos Anda maish memiliki bekas bayangan atau pinggiran sablon yang sudah mengelupas, maka bisa menggunakan aseton.

Aseton merupakan cairan untuk menghapus kutek. Tapi juga bisa digunakan untuk membersihkan bekas sablon di baju. 

Oleskan aseton di bekas bayangan sablon yang sudah terkelupas. Kucek hingga bekas tersebut hilang. Kemudian cuci baju menggunakan deterjen hingga bersih. 

Itulah beberapa cara menghilangkan sablon pada kaos agar baju Anda jadi seperti baru lagi. Selamat mencoba!

Bagi Anda yang ingin punya baju dengan desain sablon yang lucu, bahan nyaman, berkualitas, dan harga murah, bisa menggunakan jasa 89 Blue Garment.

Desain sablon yang bagus dan berkualitas akan membuat baju Anda selalu terlihat baru. Anda tak perlu repot untuk menghilangkan sablon karena desainnya bagus dan kualitasnya terbaik.

Hubungi tim kami via WhatsApp dan jangan lupa kunjungi akun Instagram kami di @89bluegarment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *