Kaos adalah baju yang bisa dibilang paling sering digunakan sehari-hari. Nah, ternyata dalam proses pembuatannya, ada berbagai jenis jahitan kaos yang berbeda-beda. Penasaran seperti apa jahitan pada kaos? Simak selengkapnya berikut ini ya!

Mengenal Baju Kaos

Kaos adalah salah satu fashion item yang dimiliki hampir semua orang. Bahkan baju kaos ini bisa dipakai oleh semua usia, tua hingga muda, laki-laki hingga perempuan. 

Model-model kaos pun terus berkembang. Tidak hanya kaos oblong, tapi juga ada kaos polo, kaos turtleneck, kaos raglan, dan masih banyak lagi. 

Ilustrasi menjahit kaos
Proses menjahit kaos

Jenis-jenis Jahitan Kaos yang Perlu Anda Ketahui

1. Jahitan Rantai

Jahit rantai adalah jahitan yang biasanya digunakan untuk kaos di bagian pundak. Ini bertujuan agar kaos jadi lebih awet dan berkualitas. 

Sesuai dengan namanya, pola jahitan rantai ini mirip seperti rantai. Ada kain yang disebut bis pada jahitan rantai. Gunananya sebagai penutup jahitan obrasan di bagian pundah sehingga lebih terlihat rapi. Tidak hanya diaplikasikan untuk menjahit kaos di bagian pundak, tapi juga di belakang leher. 

2. Jahit lurus

Jahitan lurus biasanya digunakan untuk menhajit lurus yang sering digunakan untuk kaos distro, menjahit kemeja, dan juga digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai.

Baca juga: Kenali Perbedaan Kaos Raglan dengan Kaos Biasa

3. Jahit overdeck

Jahitan overdeck merupakan jenis jahitan kaos yang dihasilkan dari mesin overdeck high speed. Umumnya jahitan overdeck digunakan di bagian lengan dan pinggiran bawah kaos. 

Mesin overdeck bisa menjadi salah satu jahitan yang disebut jahit kumis. Jahitan jenis overdeck bisa menggunakan 2 jarum dan 3 benang. Sedangkan jahitan overdeck kumis menggunakan 3 jarum dan 5 benang.

4. Jahit obras

Jahit obras merupakan jahitan yang dihasilkan dari mesin jahit high speed. Mesin ini memang berfungsi untuk menggabungkan dua potong kain jadi satu.

Biasanya bentuk jahitan ini menggabungkan rip dengan potongan kaos badan. Atau potongan kain badan satu dengan potongan bahan lainnya. 

Jahit obras tersedia di mesin jahit yang menggunakan  1 atau 2 jarum dan 3 sampai 5 benang. Untuk kaos distro umumnya menggunakan jenis jahit obras 4 benang dan 2 jarum. 

Tips Memilih Kaos dengan Jahitan Terbaik

Jika Anda membeli kaos sudah jadi alias siap pakai, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Periksa jahitan kaos dengan teliti sebelum membelinya. Harusnya kaos yang baik dibuat sesuai standar kaos distro.
  • Perhatikan pada sambungan antar jahitan kaos. Pastikan agar jahitannya presisi, apalagi di bagian lengan atau badannya.
  • Pilih kaos yang ada rib yang terbuat dari bahan berkualitas
  • Pilih kaos yang punya jahitan obras dan dijahit rapi agar kaos yang dibeli juga kuat. 
  • Pilih kaos dengan fitur jahitan rantai di pundak dan leher kaos. Ini membuat sambungan jahitan kaos jadi lebih kuat
  • Pastikan tidak ada sisa benang di ujung jahitan agar nantinya jahitan kaos tidak terurai dengan mudah.

Itulah beberapa jenis jahitan kaos yang perlu Anda ketahui. Jika Anda akan membuat kaos dalam jumlah banyak, pastikan Anda memilih konveksi terbaik dan berkualitas.

Jangan sampai Anda salah pilih konveksi untuk membuat kaos yang diperlukan. Salah satu konveksi terbaik di Jakarta adalah 89 Blue Garment. Selain memproduksi kaos, kemeja, hingga jaket dengan kualitas terbaik, harganya juga murah.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami via WhatsApp. Jangan lupa follow akun Instagram @89bluegarment untuk mendapatkan info terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *