Bahan tweed merupakan salah satu bahan yang dikategorikan sebagai bahan wol setengah jadi yang mana prosesnya tidak bisa sampai halus, sehingga menyebabkan permukaan kainnya menjadi sedikit kasar. 

Bahan ini memiliki poa tenun yang berbentuk V rapat berjajar. Meski memang memiliki permukaan yang sedikit kasar, namun bahan ini memiliki peranan penting dalam dunia fashion. Dimana semua busana fashionmemang pada umumnya berbahan utama tweed. 

Tips Merawat Pakaian dengan Bahan Tweed

Tekstur bahan tweed
Tekstur bahan tweed

Namun, untuk bisa memiliki pakaian yang berbahan dasar tweed ini, maka dibutuhkan perawatan yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat pakaian yang berbahan dasar tweed agar tidak mudah rusak. 

1. Perhatikan Proses Pembersihan Nodanya

Agar pakaian berbahan dasar tweed ini bisa lebih awet, maka jika pakaian terkena noda maka gunakanlah lap basah untuk membersihkannya. Kamu bisa mengusapnya dengan halus. Jika terlalu keras dalam mengusap noda, aka akan menyebabkan kerusakan yang permanen pada pakaianmu. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode steaming. Metode ini bisa mengurangi kerutan, membunuh bakteri dan kuman yang meempel pada pakaian, serta mampu menghilangkan bau material adari tweed itu sendiri. 

Sebelum kamu membersihkan noda yang ada pada pakaian berbahan dasar tweed, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu metode pembersihan yang memang sudah direkomendasikan. Caranya adalah dengan menggunakan detergen dan lap. 

Gunakanlah lap basah untuk membersihkan noda pada pakaian tweed dengan cara mengusapnya perlahan. Jika memang noda yang menempel cukup tebal, maka biarkan saja noda mengering, lalu kamu bisa menggunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkannya. 

2. Jangan Menggunakan Cairan Pemutih Pakaian

Untuk membersihkan pakaian berbahan kain tweed, maka kamu bisa mencucinya secara manual saja. Caranya adalah dengan merendamnya sebentar dengan menggunakan air yang sudah dicampur larutan detergen. 

Hal terpenting dalam membersihkan pekaian berbahan dasar tweed ini adalah dengan menghindari penggunaan zat pemutih pakaian. Hal ini dikarenakan pemutih pakaian ini terbuat dari bahan kimia yang keras. Nah, bahan pemutih ini bisa membuat warna dari pakaian berbahan tweedmu jadi memudar. 

Selain itu, kamu bisa menggunakan detergen dengan kandungan yang ringan sebagai pilihan pembersih terbaik. Jika memang noda yang menempel berupa air, maka kamu bisa menggunnakanmild detergen. 

Jika noda berbasis minyak, maka jangan pernah kamu mengunakan pelaru yang digunakan dalam proses dry clean. Hal ini dikarenakan pelarut tersebut bisa membuat noda menjadi lebih buruk, bahkan bisa merusak pakaianmu. 

3. Jangan Disetrika Terlalu Sering

Dikarenakan memiliki bahan dengan tingkat ketahanan yang baik, maka sangat disarankan untuk kamu tidak sering menyetrika pakaian yang berbahan tweed. Hal ini dikarenakan jika kamu sering menyetrikanya, maka akan menyebabkan kerutan pada pakaian sehingga tampilannya tidak akan menarik. 

4. Cara Penyimpanan yang Benar

Setelah dibersihkan dan disetrika, maka kamu juga harus mengetahui bagaimana cara yang benar dalam menyimpan kain tweed ini. Kamu harus menyimpan pakaian tweedmu di tempat yang memiliki suhu kelembapan tetap, dengan kisaran 40 hingga 50 persen. 

Jika tingkat kelengkapan relatif tinggi, maka resikonya adalah pakaianmu tersebut bisa rusak. Hal ini dikarenakan adanya saturnasi kelembapan udaranya. 

Selain itu, sebisa mungkin simpan pakaian tweedmu di dalam kotak atas tas sebelum menyimpannya. Jaga lemarimu agar selalu bersih, dan gunakan cedar serta lavender secara alami untuk menghindari serangan dari ngengat. 

Jadi, sudah jelas bukan bagaimana tips merawat pakaian berbahan kain tweed agar tidak mudah rusak? Semoga penjelasan inia bermanfaat untuk kamu, dan selamat mencobanya dirumah. 

Sebelum membuat pakaian, penting untuk berdiskusi terkait penggunaan bahan kainnya. Hal ini agar Anda tidak salah pilih, apalagi jika pembuatannya dalam jumlah banyak. Pihak konveksi pasti lebih mengetahui perihal jenis kain dan pemanfaatannya.

Jika Anda akan membuat pakaian dengan menggunakan material bahan tertentu dalam jumlah banyak, pastikan memilih konveksi yang sudah berpengalaman seperti 89 Blue Garment.

Hubungi tim kami via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut. Jangan lupa untuk follow akun instagram @89bluegarment untuk info terbaru lainnya.

Baca juga: 7 Tips Merawat Pakaian Agar Baju Favorit Kamu Lebih Awet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.