Ciri khas dari bahan satin ini adalah permukaannya mengkilap dan licin, namun sisi sebaliknya tidak. Kain satin ini jelas berbeda dengan kain sutera. Meski sama-sama mengkilap, namun perbedaan keduanya terletak pada bahan serat yang digunakan. 

Satin, memanfaatkan serat buatan yang dikenal dengan polyester, sementara sutra terbuat dari kepompong ulat sutera. Jadi, meski keduanya memiliki karakteristik yang lembut, namun kain satin tidak sehalus dan seringan sutera. 

Selain itu, harga dari kain satin juga tidaklah semahal kain sutera. Untuk itu, bagi kamu yang ingin tampil glamor namun tidak ingin mengeluarkan budget yang terlalu mahal, maka kamu bisa memilih kain satin daripada sutera. 

Jenis dari Bahan Satin

Kain satin
Kain satin

Nah, untuk memahaminya, berikut ini ada jenis-jenis bahan satin yang perlu kamu ketahui untuk membedakannya berdasarkan kegunaannya masing-masing. 

1. Kain Satin Bridal

Jika dilihat dari namanya, maka bisa disimpulkan bahwa kain ini lebih sering digunakan untuk pembuatan gaun pengantin. Sayangnya, satin bridal ini lebih cenderung memiliki karakteristik bahan yang kaku dan terasa lebih berat ketika digunakan. 

2. Kain Satin Faconne

Kain yang memiliki beragam motif ini memang tidak begitu kaku layaknya kain satin bridal. Selain itu, berat dan kualitasnya juga berbebda-beda. 

3. Kain Satin Slipper

Sesuai dengan namanya, kain satin slipper ini merupakan kain yang bisa dicelup. Pada umumnya, kain satin slipper ini lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan sepatu, khususnya adalah sepatu balet. 

4. Kain Satin Delustered

Kain satin delustered ini memiliki nama Perancis, yakni peau de soie. Artinya adalah kulit sutera. Jika dibandingkan dengan jenis kain satin lainnya, kain satin delustered ini justru lebih mengkilap pada kedua bagian sisinya dan memiliki bobot yang ringan. 

5. Kain Satin Damask

Kain satin damask ini memiliki banyak sekali pola yang sangat menawan, bahkan tergolong cukup rumit. Oleh karena itu, maka tak jarang jika polanya juga terlihat timbul. Hal ini dikarenakan kain satin damask ini menggunakan kain beludru. 

6. Kain Satin Cloth

Kain satin cloth atau yang lebih serin disebut dengan satin wol ini dibuat dari wol Perancis yang ditenun dengan teknik satin. Pada umumnya, kain satin wol ini digunakan sebagai bahan gaun atau blouse. Hal ini dikarenakan kain jenis ini memiliki sifat yang kuat, tahan lama, dan halus. 

7. Kain Sateen

Pada dasarnya, kin satin dan sateen itu berbeda. Jenis bahan sateen ini lebih menggunakan rayon atau katun sebagai bahan dasar pembuatannya. 

Selain itu, meski memang sama-sama diproses dengan menggunakan teknik weave, namun serat dari kedua jenis kain ini berbeda. Jika kain satin menggunakan serat filamen, maka kain sateen justru mengandung bahan katun. 

8. Kain Satin Kahantex

Bahan kain yang satu ini lebih sering digunakan untuk dekorasi ruangan atau untuk keraijnan saja, jadi bukan digunakan sebagai bahan pakaian. Hal ini terjadi dikarenakan kain satin kahantex memiliki tekstur yang mengkilap dan licin, serta tebal dan kaku. 

9. Kain Satin Clarissa

Kain jenis ini lebih sering digunakan untuk pembuatan gorden pesta. Namun, ternyata ada juga orang yang menggunakan kain jenis ini sebagai bahan pembuatan rok dan kebaya modern. 

Karakteristik dari kain satin clarissa ini adalah dimana kainnya tipis, dan murah. Maka tidak heran jika kain ini banyak diguanakan oleh pengusaha konveksi.

10. Kain Satin Silk

Kebanyakan memang para pengusaha konveksi memanfaatkan kain satin silk sebagai bahan pembuatan pashmin, gamis, kebaya modern, hingga kerudung segiempat. 

Pemilihan kain jenis ini dikarenakan memiliki sifat yang lembut, tipis, sejuk, namun tidak dove. Selain itu, varian warna dari jenis kain ini juga sangatlah beragam. 

Inilah jenis-jenis bahan satin yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan ini membuatmu melek akan kain dan kegunaannya agar tidak salah lagi dalam memanfaatkannya. 

Baca juga: Mengenal Kain Blacu, Bahan Favorit untuk Pembuatan Kerajinan Tangan

Buat Anda yang ingin memanfaatkan bahan jenis satin ini untuk pembuatan pakaian dalam jumlah banyak, bisa menggunakan jasa konveksi 89 Blue Garment. Konveksi Jakarta ini sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dalam bidang garment.

Hubungi tim kami via WhatsApp untuk diskusi lebih lanjut. Jangan lupa follow akun instagram @89bluegarment untuk mendapatkan info terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.