Interview adalah proses yang wajib dilalui oleh para job seeker. Selain mempersiapkan materi untuk proses wawancara ini, hal yang paling penting dan tidak boleh terlewatkan adalah penampilan. Penting sekali untuk memperhatikan pakaian interview yang dipakai.

Tips Memilih Pakaian Interview Agar Sukses

1. Pilih Pakaian Nuansa Formal 

Biasanya dalam surat panggilan interview akan dijelaskan ketentuan pakaian yang harus Sobat Jobseeker pakai saat datang interview.  Seringkali beberapa perusahaan hanya mensyaratkan ketentuan sederhana seperti kemeja putih dengan bawahan gelap.  

Namun beberapa lainnya mungkin mensyaratkan ketentuan tertentu dan sebagian lainnya tidak memberikan ketentuan. 

Sobat bisa memilih pakaian interview yang terkesan formal.  Untuk atasan, Sobat bisa memilih kemeja berkerah dengan bahan katun.  Kemeja memberikan kesan formal, sopan, dan bahan katun lebih nyaman dipakai karena menyerap keringat. Untuk bawahan, Sobat bisa memilih celana kain dan hindari menggunakan jeans. 

2. Memadukan Warna yang Terkesan Hangat dan Match

Paduan warna untuk pakaian interview sebaiknya berwarna kalem dan tidak terlalu mencolok.  Pilih warna cerah dan hangat seperti coklat muda, abu-abu, putih, krem, biru muda, dan paduan warna cerah untuk atasan.  Hindari warna mencolok seperti merah, hijau, hitam, ungu, oranye.

Hindari pakaian dengan banyak motif karena terkesan ramai dan penuh serta kurang formal. 

Perhatikan pula pilihan warna untuk atasan dan bawahan. Sebaiknya tidak terlalu kontras dan berbeda corak. Jangan gunakan atasan dan bawahan yang sama sama gelap.  Pakaian interview bisa menjadi salah satu penilaian tambahan.  Pakaian untuk interview bisa menunjukkan seberapa jauh Sobat Jobseeker peduli pada penampilan.

3. Perhatikan Aksesori yang Kamu Pakai

Selain pakaian formal dengan warna yang sesuai, aksesori yang kamu kenakan saat interview harus pula diperhatikan.  Kamu boleh saja menambahkan aksesori seperti jam tangan agar terkesan lebih rapi dan lengkap. Namun, hindari pemakaian gelang karet dan sejenisnya karna terkesai terlalu santai dan tidak cocok untuk suasana formal.  

Outfit interview yang sudah baik tidak perlu ditambahkan aksesori yang berlebihan.  Aksesori lainnya yang bisa kamu padukan adalah dasi.  Pilih dasi dengan warna yang cocok dengan kemeja yang dikenakan.  

Sebagai tambahan untuk perempua yang berjilbab dapat menyesuaikan warna jilbabnya dengan warna kemeja atau bawahan dan sebaiknya pilih motif hijab polos dan cerah.

4. Pastikan Pakaian Rapi dan Wangi

Saat interview kerja pasti kita akan bertemu dengan orang penting di perusahaan. Entah HRD, manajer, atau orang dengan posisi penting lainnya di bagian yang kita lamar.  Sebaiknya, pastikan sudah menyetrika pakaian interview sehingga tidak kusut.  Selain itu, perlu juga pastikan pakaian Sobat sudah wangi ya agar menambah kesan percaya diri.  

Interviewer akan melihat penampilan dari atas sampai bawah untuk mendapat gambaran bagaimana kamu berpakaian saat bekerja nantinya.  Mengabaikan pakain interview bisa menjadi kesalahan fatal jika yang kamu temui adalah orang yang peduli pada penampilan.

Sekian tips memilih pakaian interview yang bisa kamu terapkan.  Gaya berpakaian setiap orang mungkin berbeda-beda.  Tetapi, poin diatas adalah tips penting dan sederhana agar kamu terkesan rapi dan percaya diri saat datang interview.  Semoga tips membantu dan bermanfaat.  Sukses selalu untuk kalian para Jobseeker!

Baca juga: Tips Mix and Match Kemeja Oversized ala Hijabers, Dijamin Stylish Abis!

Simak berbagai tips fashion lainnya hanya di Jakartakonveksi.com.

Hubungi kami via WhatsApp, dan jangan lupa follow akun instagram @89bluegarment untuk info terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.